havit _tivah

havit _tivah
cantik itu relatif

Selasa, 28 Mei 2013

PEMILIHAN BUPATI TEMANGGUNG

Paska pemilihan bupati temanggung
Tahun 2013



26 mei 2013



Waktu berputar begitu cepat , sehingga hari ini usia ku sudah mencapai 18 thn ,
Dan hari ini adalah pertama kali aku ikut pemilihan umum.
Yaitui pemilihan gubernur jawa tengah dan bupati temanggung.
Awalnya aku tidak mau ikut acara pemilihan ini , tapi karena ayah ku membujuk untuk ikut ahirnya aku ikut ,
Benernya aku males soalnya , gak tahu siapa yang dio calonkan kok mlah di suruh milih ,
Apa gak aneh , yahhhhhh………..
Yah aku sih selalu berfikir positis aja deh , semoga siapapun yang kepilih semoga bisa membuat jawa tengah dan temanggung l;ebih baik lagi,
Dan juga  jangan  lupa dengan keadaan desa keleseman wonoboyo , temanggung yang dari dulu belum di akui pemerintah ,,,,,,,
Hufffffff ngeri dehhhhhh , semoga secepatnya di aspall, agar  masyarakat dapat menikmati  keindahan jalan yang naik turun untuk ke desa kleseman .
Sebagai warga asli temanggung turut perihatin dengan keadaan temanggung saat ini ,
Semoga dengan adanya bupati baru dapat memajukan , mensejahterakan  masyarakat TEMANGGUNG, khususnya didaerah – daerah pelosok.








By . chusnullativah  djh kleseman 

Senin, 20 Mei 2013

pentas seni sma muhamadiyah borobudur thn 2013



 Kerabat xi ips b
(Sahabat adalah segalanya )







sma muhamadiyah borobudur 
kelas xi ips b


 ch menyek kelaz xi ips

 pensi thn 2013 kelas xi ips b

 cewek galau ips b

 pensi sma muhamadiyah borobudur 
tahun 2013 

 persembahan dari kelas xi ips b 


 chusnuel cotimah 
dan 
fian hura hura

 dayakan kelas x c


puisi yang di bacakan oleh de' putrinuer wulan






















Chusnullativah.blogspot.com

Selasa, 14 Mei 2013

Ayah pahlawan ku




Ayah ku
(so’iman binti Marsdiu alm)


ku memang hanya orang biasa
tak patut ‘tuk di banggakan
tapi aku mempunyai cinta
mempunyai ibu dan ayah
aku tahu aku tidaklah sempurna ‘tuk mereka
banyak kesalahan yang telah kubuat
aku pembangkang
aku egois.. sangat malahan
aku hanya mementingkan diriku sendiri
yang aku tahu hanya ingin bersenang-senang dan bermain
tapi aku ingin mereka tahu
aku mencintai mereka
lebih dari apapun
mereka adalah yang kupunya
mereka yang menyayangiku
mereka yang merawatku meski di saat aku sakit
tapi..
aku selalu melawan pembicaraan mereka
aku nakal!!
aku hanya bisa menyusahkan mereka
tuhan.. meskipun aku nakal dan menyusahkan
aku menyayangi mereka
menyangi apa yang telah mereka perbuat untukku
aku tidak pernah tahu apabila aku tak memiliki mereka lagi
aku baru sadar aku telah menyakiti mereka..
aku tidak mau menjadi anak durhaka
aku takut tuhan..
aku masih memerlukan mereka
tolong berikan umur panjang pada mereka
agar aku bisa membalas semua yang mereka perbuat
meskipun aku tau mereka tidak memintanya
tapi aku hanya ingin memberi mereka kebahagiaan meskipun itu sedikit
mereka terlalu berharga untukku
mereka orang tua yang hebat meskipun dalam keadaan sulit sekalipun
aku terlalu menyayangi mereka
kedua orang tuaku yang hebat sepanjang masa..



Magelang 14 mei 2012
Yg selalu merindukan ayah
Chusnullativah

Kamis, 09 Mei 2013

Resensi buku

 RESENSI BUKU
 

Kategori:  Buku
Jenis : non fiksi
Penulis: Salim A. Fillah
Judul : Saksikan bahwa Aku Seorang Muslim
Pengarang : Salim A. Fillah
Penerbit : Pro-U Media
Cetakan : Pertama, 2006
Ketebalan : 392 hlm


Pemilihan warna untuk cover yang tidak terlalu banyak warna ditambah lagi dengan huruf timbul sebagai judul buku yang dicetak dengan warna hijau emas membuatnya bernuansa kalem, elegan dan istimewa.Apalagi dengan penekanan dengan huruf besar kata “aku seorang muslim” mengisyaratkan kalau ada suatu kebanggaan kita sebagai seorang muslim. Sayangnya dengan melihat cover saja pembaca belum bisa menangkap apa maksudnya dan  isi buku atau bisa disebut desain gambar  cover kurang komunikatif.
Salim A fillah seorang penulis muda yang mampu menyajikan buku-buku yang santai, berisi, dan sama sekali tidak membosankan. Wawasanya luas bahkan berbagai kisah termasuk novel-novel dapat ia padukan menjadi penunjang dan pengayaan materi untuk tercapainya sebuah tujuan yaitu pemahaman pembaca yang sesuai dengan yang diinginkan.Poin ini juga yang membuat buku yang tebal ini tidak terasa tebal dan membosankan.
Bahasa yang digunakan tidak kaku dan baku, kadang terselip humor pula melalui celethuk-celethuk yang sebenarnya bukanlah humor tapi benar-benar materi. Bahasanya blak-blakan bahkan berani memberikan koreksi terhadap pendapat – pendapat yang selama ini beredar di kalangan masyarakat tentunya dengan maksud meluruskan pemahaman, bukan untuk menjatuhkan.
Budaya perilaku jahiliyah yang disebut sebagai zaman kegelapan, kebodohan dan zaman sebelum masuknya islam yang notabene telah berlalu,lenyap dan digantikan zaman yang dipenuhi cahaya risalah ilahi,digantikan zaman yang dipenuhi dengan ilmu dan peradaban sepertinya tidak 100% benar. Istilah zaman jahiliyah memang telah lenyap tetapi sadar dan kebanyakan dilakukan tanpa sadar warisan-warisan kejahiliyahan itu masih dilakukan hingga sekarang. Tangan Abu jahal yang dijanjikan dalam Al_qur’an akan lenyap memang telah lenyap,tapi sisa pemikiran-pemikiran berlogika biadapnya masih saja dianut oleh manusia-manusia yang katanya sudah hidup dizaman yang modern dan beradab.
Paragraf diatas adalah sedikit pembukaan dari bab pertama buku ini.Bagian pertama yang ber sub judul “kain-kain rombeng” ini  mengajak kita untuk merenung dan menilik lagi kebelakang untuk dijadikan bahan renungan. Dan ternyata pelaku jahiliah pada zaman dahulu bukan dari kalangan orang-orang bodoh tapi justru dari kalangan orang-orang pintar bahkan ahli hukum. Lasntas mengapa mereka disandangi kaum jahiliyah?. Buku ini mengajak kita untuk merenungi diri, menatap balik pada diri kita,sudahkah kita terlepas dari konsep-konsep jahiliyah dengan merelevansikanya dengan fenomena-fenomena zaman modern.
Bagian kedua buku ini menjelaskan tentang bagaimana muslim memandang dan menyikapi perpisahan sebagai pelepasan diri dari semua bentuk kejahiliyahan, atau sebagai ujian cinta. Juga bagaimana seorang muslim dalam kebersamaan sebagai persaudaran dan perjuangan. Juga bagaimana muslim seharusnya benar-benar menjadikan Muhammad sebagai suri tauladan dan parameter. Karna dalam diri nabi kita ini benat-benar terdapat suri tauladan yang baik.
Pada bab-bab akhir tulisan lebih ditujukan untuk para aktivis matang.Dibahas pula tentang hal pernikahan yang dalam kalangan aktivis dianggap sebagai suatu penghalang bagi seorang aktivis untuk aktif berdakwah dan berkontribusi. Anggapan aktivis yang seolah setelah menikah maka hilanglah sebuah lahan amal yang subur bagi dirinya dan juga adapula yang beranggapan bahwa dengan menjadi aktivis adalah jalan untuk dapat menikah dengan seorang akhwat. Sebenarnya bagaimana pandangan itu dalam kacamata muslim? Pembahasan  itu terdapat dalam buku ini.
Pokoknya buku ini membahas seluk beluk tentang muslim,banyak orang –orang yang mengaku dirinya muslim tetapi tidak mencerminkan pribadi seorang muslim,menjiwai pengakuan itu bahkan tidak merasa bangga apalagi memiliki status istimewa tersebut yaitu seorang muslim,dengan buku ini seorang muslim tidak menyandang nama tanpa memahami dan menjadikanya identitas seorang muslim, kita dituntun menjadi muslim sejati ditengah krisis identitas, mencerahkan fikiran kita memandang jauh kedepan dengan pola pikir dan cara pandang yang baik dan belajar sebanyak-banyaknya dari masa lalu.
Muslim adalah predikat mulia sepanjang zaman.Muslim adalah predikat yang disandang oleh seseorang yang memenggal berhala-derhala (Ibrahim), muslim adalah predukat yang disandang manusia (Ibrahim) yang berani memberontak terhadap si tuhan palsu namrud dan diakhir zaman muslim adalah sebuah panggilan indah dari pohon dan batu yang memberitahukan tentang persembunyian orang yahudi,sekali lagi benda-benda itu hanya akan memanggil muslim.
Bacalah buku ini, insya allah anda akan bangkit berseribu, seratus,sepuluh maupun sendiri sebagai muslim sejati  yang dengan percaya diri tanpa rasa ragu lantang berkata dengan penuh semangat  “SAKSIKAN BAHWA AKU SEORANG MUSLIM”


disusun oleh ; chusnullativah 
fb ; tievah vistariez 

PROBLEMATIKA DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN








MAKALAH
MENGATASI MASALAH PROBLEMATIKA SOSIAL DI DAERAH PEDESAAN DAN PERKOTAAN
DISUSUN OLEH :
HUSNUL LATIVAH
Borobudur – Magelang








MENGATASI PROBLEMATIKA DI DAERAH PEDESAAN DAN PERKOTAAN
1. PENDAHULUAN
   Masalah social yang sering di hadapi di Indonesia , khususnya di daerah pedesaan adalah salah pandang orang tua dalam hal pendidikan anak.Masalah itu yang sering di temui di daerah pedesaan , yaitu orang tua yang meremehkan pendidikan anak, angapan yang salah yang mengakibatkan banyak anak yang tidak sekolah.
Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia. Dan masih menurut survai dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.

Memasuki abad ke- 21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Perasan ini disebabkan karena beberapa hal yang mendasar.

Salah satunya adalah memasuki abad ke- 21 gelombang globalisasi dirasakan kuat dan terbuka. Kemajaun teknologi dan perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, dunia terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan negara lain.

Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.

Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.
rketing adalah sebuah konsep yang dimunculkan untuk menghasilkan sebuah penjualan sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan atau individu.Dari mulai konsep sederhana yang banyak diterapkan dalam marketing tradisional atau pedesaan sampai konsep-konsep modern dan kompleks yang banyak diterapkan dalam marketing masyarakat perkotaan yang notabene terus berkembang lebih cepat sesuai dengan perkembangan zaman berbeda dengan masyarakat pedesaan.Sehingga semakin sulitnya menjual sebuah produk atau jasa disebabkan semakin tingginya persaingan atau semakin banyaknya pesaing yang berkecimpung dalam bidang usaha yang sama harus segera disikapi oleh para praktisi dengan melakukan cara-cara untuk dapat mencapai tujuan utama dari suatu pemasaran yaitu penjualan atau disebut sebagai strategi marketing.sebagai golongan terpelajar seharusnya kita mempunyai strategi marketing yang berkualitas, sistematis dan terencana matang tidak sekadar yang penting mendapat uang.
2. PEMBAHASAN
STRATEGI I PENGUASAAN PIKIRAN.
Sasaran utama dari salah pandang orang tua adalah bagaimana kita menguasai benak konsumen sedangkan penguasaan produk dipasar akan mengikuti setelah konsumen terpaut dengan kita. Bagaimana kita dapat membangun popularitas sehingga selalu diingat oleh konsumen. Untuk itu kita harus menanamkan persepsi dalam fikiran konsumen.Ada tiga langkah yang dapat kita terapkan untuk  menguasai benak konsumen yaitu membagi pasar menjadi segmen-segmen berdasarkan variable-variabel tertentu, menentukan target dengan tepat,dan menempatkan produk ke dalam benak konsumen atau pembangunan pesepsi.
A. SEGMENTASI
Segmentasi adalah cara membagi pasar berdasarkan beberapa variable- variable seperti variable geografis, variable psikologis, variable demografi, perilaku dan yang paling khusus adalah segmentasi berdasarkan kebutuhan individu. Inti dari sebuah segmentasi adalah kita mengidentifikasi produk apa yang cocok sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan daya beli calon konsumen sehingga produk yang dijual tepat sasaran dan keberhasilan penjualan mempunyai peluang yang semakin besar. Kegagalan dalam suatu usaha marketing kadang bukan karena rendahnya mutu produk tapi karena kurangnya ketepatan dalam melakukan segmentasi. Bahasa kasarnya menjual produk ditempat yang salah. Kunci utama dari keberhasilan melakukan segmentasi adalah dengan memahami . Contoh mudahnya kita pahami bahwa semut sangat menyukai gula, maka letakanlah gula ditempat dimana terdapat banyak semut kurang tepat jika kita meletakan gula ditempat dimana terdapat banyak gajah. Dalam contoh ini mutu gula tetaplah sama, gula diletakan dimanapun tetap manis tapi hasilnya akan berbeda ketika meletakan gula ditempat yang kurang tepat. Begitu juga dalam melakukan pemasaran. Sebelum mengeluarkan produk lebih dahulu lakukan identifikasi pasar. Identifikasi pasar paling sederhana adalah dengan menjual barang disuatu tempat yang disitu tidak terdapat barang yang kita jual. Tapi itu belum efektif karena belum memperhatikan kebutuhan, keinginan, dan daya beli  variable seperti itu masih terlalu umum.
Dalam melakukan segmentasi diperlukan kreatifitas dan kejelian. Semakin kita kreatif dan jeli mencari celah segmen-segmen yang belum tersentuh semakin terbuka lebar panggung untuk kita beraksi karena belum banyak bahkan belum ada pesaing dalam segmen yang sama.


B. MENENTUKAN TARGET

Setelah melakukan segmentasi dan menentukan produk apa yang cocok untuk dipasarkan maka kita harus melakukan target kepada siapa produk akan dijadikan sasaran jual. Melakukan target itu penting karna suatu barang tidak bisa memasuki semua segmen yang kita variabelkan. Sebagai contoh obat batuk tidak bisa memasuki segmen makanan ringan. Jadi kita harus melakukan spesifikasi. Dengan mellakukan targeting perusahaan tidak akan membabi buta menyerang pasar dengan segala kemampuan.

C. MENEMPATKAN POSISI
Posisi  yang dimaksud bukanlah posisi produk dalam pasar tapi posisi sebenarnya adalah posisi produk dalam benak konsumen . Kalau dalam benak konsumen sudah ada tempat yang kuat  bagi produk kita maka posisi dipasar pun akan kokoh selama belum ada yang menggantikan popularitas dan persepsi baik yang disandang oleh produk kita. Menempatkan posisi adalah bagaimana kita menanamkan dan membuat produk kita selalu diingat oleh konsumen sebagai persepsi  akan suatu kategori tertentu. Cara menempatkan posisi secara luas bahwa satu nama produk dapat mengatasi segala segmen akan membuat konsumen bingung dan sulit mengingat,contohnya obat panadol yang terdiri dari bermacam-macam varian, ada panadol ekstra, panadol cold dan flu dan lain-lain , jadi konsumen akan bingung dalam mengingat “panadol adalah….(harus mengingat salah satu varian)”.yang lebih efektif adalah posisi yang lebih spesifik atau sempit sehingga produk kita akan dianggap sebagai solusi suatu permasalahan satu segmen di pasar, lebih berhasil lagi kalau kita jadi pelopor suatu produk baru yang memberi dobrakan besar yang mampu menarik perhatian besar konsumen dengan mencari celah yang belum tersentuh, misalnya dengan istilah yang unik dengan target khusus, manfaat yang ditonjolkan dan alasan yang mendukung.Contoh dari penempatan posisi yang cukup berhasil adalah  produk “odol” dan “aqua” odol adalah sebuah merek pasta gigi yang  sudah lama tidak lagi diproduksi tapi kebanyakan orang Indonesia menyebut semua pasta gigi adalah “odol” begitu juga dengan air minum dalam kemasan yang bermerek aqua pun menguasai benak konsumen dengan baik.

Strategi diatas adalah prinsip dalam menguasai benak konsumen  jadi stategi diatas dapat diterapkan dikota maupun di desa yang berbeda adalah karena adanya perbedaan antara kota dan desa itu sendiri yang mana pembedaan itu masuk dalam proses identifikasi pasar dalam melakukan segmentasi.

LINGKUNGAN PERKOTAAN

Lingkungan perkotaan mempunyai segmentasi kompleks. Masyarakat kota adalah masyarakat urban hal ini dikarenakan kota adalah pusat dari berbagai hal seperti pusat pendidikan, pusat pemerintahan, pusat perekonomian,industry dan lain-lain. Pusat-pusat inilah yang banyak mendorong orang untuk melakukan urbanisasi yang sebagai akibatnya terbentuk sebuah masyarakat multi konsep. Dikota kita dapat melakukan targeting berdasarkan profesi, misal dikota terdapat banyak profesi seperti pelajar karna kota merupakan pusat pendidikan formal, setelah itu cari celah belum tersentuh yang dibutuhkan,diiginkan, dan harganya terjangkau oleh para pelajar  misalnya kita menyediakan jasa pembelajaran yang tidak membosankan, mencakup materi, bisa dibawa dimanapun dan kapanpun seperti “ mp3 humor pelajaran”. Untuk menempatkan posisi kita dapat meletakan merek unik untuk mp3 kita agar dapat menarik perhatian konsumen juga menjelaskan menfaat humor dalam belajar dan berbagai alasan pendukung.,

LINGKUNGAN PEDESAAN
Mp3 humor pelajaran yang kita bahas tadi mungkin kurang tepat jika kita sediakan dilingkungan pedesaan. Selain karena profesi atau  mata pencaharian dilingkungan pedesaan sebagian besar adalah dibidang agraris bisa juga karena perilaku masyarakat desa yang masih berorientasi pada interaksi yang masih kental sosialnya (maksudnya masih mempunyai ewuh pekewuh) berbeda pada masyarakat kota yang cenderung  individualis. Kehidupan pedesaan mempunyai kebutuhan yang relative belum terlalu macam-macam dibanding dengan masyarakat kota, keinginannya pun masih sederhana dan daya beli masyarakat desa juga relative rata-rata sedang kebawah.

STRATEGI II PENGUASAAN PASAR
Setelah menguasai pikiran konsumen secara otomatis produk kita akan mendapatkan tempat di pasar. Persentase dari keseluruhan pasar menandakan seberapa besar kita menguasai pasar. Misal dari keseluruhan jumlah kita dapat menjual 10 % dari produk kita dalam jangka waktu tertentu maka itu artinya kita dapat menguasai 10% pasar. Untuk dapat menguasai pasar kita harus mempunyai strategi yang cerdas karna persaingan di pasar sangatlah dinamis dan semakin ketat.

A. PEMBEDA
Yaitu bagaimana caranya agar produk kita berbeda dengan  dengan produk dari perusahaan lain sehingga produk kita mempunyai nilai lebih dimata konsumen dan lebih dikenal sehingga menjadi identitas diri. Langkah pertama adalahmenentukan pembeda yang benar berbeda dari yang lain, berbeda itu unik, baru dan mendobrak. Setelah itukita harus membuktikan dan menginformasikan pada konsumen. Misalnya diseda membajak sawah butuh waktu berhari-hari untuk membuat tannah lembut dan udah ditanam, kita membuat terobosan yang berbeda dengan membajak selesai dalam satu hari, lalu kita buktikan bahwa kita benar-benar mampu membajak sawah dalam waktu satu malam entah mengunakan traktor dengan mesin kereta api agar lebih cepat dan sebagainya.


B. UNSUR KUANTITAS PRODUK
Unsur kuantitas produk meliputi produk,image, harga, distribusi dan promosi.
Produk
Untuk dapat menguasai pasar produk harus mempunyai nilai lebih disbanding produk lain. Untuk menumbuhkan nilai lebih itu dapat dilakukan dengan memperhatikan kemasan, kualitas kebersihan dan meminimalisir berbagaikekurangn yang ada.

Image
Buatlah image yang baik dimata konsumen. Kita harus benar menjaga nama baik, sekali tercemar maka kepercayaan akan berkurang. Baik itu image diri, layanan, perusahaan, produk pegawai dan lain-lain.

Harga
Harga yang ditetapkan tidak boleh lebih dari harga tawar pesaing dan jangan lebih rendah dari biaya yang dikeluarkan. Untuk masyarakat desa lebih efektif jika harga terjangkau sedangkan untuk masyarakat kota harga bukan hanya sebagai sarana ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi juga sebagai sarana social dan ajang penaikan gengsi dan pamor.
Dalam hadist riwayat bukhari dari Abdullah bin umar ra. Rosulullaj SAW bersabda” janganlah kamu menjual menyaingi penjualan saudaramu”
Distribusi
Usahakan produk sampai ketangan konsumen dengan usaha sekecil mungkin dan kepuasan sebesar mungkin

Promosi
Untuk promosi alangkah baiknya kita mengikuti apa yang dilakukan Rosulullah yaitu dengan mengungkapkan apa adanya tentang produkbaik itu kekurangan maupun kelebihan tanpa membuat sumpah palsu.
“sumpah yang digunakan untuk melariskan perniagaan, dapat merusak keuntungan”(HR Muslim,dari Abu Hurairah ra.
“yang dinamakan berjualan dengan sumpah palsu adalahusaha untuk melariskan daganganya lagi dengan cara yang tercela “(HR Bukhari muslim)


SRATEGI III KEUNTUNGAN JANGKA PANJANG
Keuntungan sebenarnya bukanlah sekedar mendapatkan banyak uang saat ini,tapi keuntungan sebenarnya adalah kesetiaan pelanggan dan kepercayaan konsumen, kalau kita melihat orang yang sama terus membeli produk kita berarti kita telah mendapatkan kesetiaan pelanggan dan kalau kita dipercaya untuk menyediakan kebutuhan konsumen atas permintaan kondumen berarti kita telah meraih kepercayaan konsumen.
A. Jujur
Setiap perusahaan pasti ingin mempunyai pelanggan setia yang terus menggunakan produk dan jasa kita dalam jangka waktu lama yang otomatis akan mendatangkan keuntungan materi. Kesetiaan tercipta karena adanya kepercayaan yang lahir dari hubungan baik dan sikap saling percaya. Bagaimana akan setia dan percaya kalau tidak ada kejujuran? Oleh karena itu jujur itu penting.

B. IKHLAS
Sikap ikhlas yaitu tidak menjadikan materi sebagai tujuan utama dan tidak memanfaatkan kepercayaan untuk mendapatkan keuntungan materi karena tidak ikhlas justru akan mengurangi kepercayaan itu sendiri.

C.PROFESIONALISME
yaitu berusaha semaksimal mugkin untuk melakukan yang terbaik, tidak malas dan terlena terus bergerak maju dan tidak berputus asa dan pengecut dalam menghadapi resiko.

D. SILATURAHMI
Sudah disebutkan tadi bahwa Kesetiaan tercipta karena adanya kepercayaan yang lahir dari hubungan baik. Untuk menciptakanya maka perbaikilah hubungan dengan silaturahmi
“Barang siapa yang ingin dilapangkan jalan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka bersilaturahmilah”(HR Bukhari Muslim)

III.PENUTUP
 Strategi-strategi diatas dapat diterapkan dikota maupun desa sebagai prinsip marketing. Semoga dengan strategi bersih berkualitas sistematis dan terencana matang tidak sekadar yang penting mendapat uang ini marketing menjadi bermanfaat dan diberkahi oleh Allah SWT
DAFTAR PUSTAKA
Hadits
HR Bukhari, (1992).Terjemah Hadits Shahih Bukhari.Jakarta:Widjaya
HR Muslim, (1992).Terjemah Hadits Shahih MuslimJakarta:Widjaya
Buku:
Gunara,thorik dan utus hadiyono sudibyo,(2007). Marketing Muhammad.Bandung:Madani  
Ahmadi,Abu.(2003).Ilmu Sosial Dasar.Jakarta:Rineka cipta